Senin, 19 September 2011

PERKENALAN MANAJEMEN BISNIS

Selasa 13sep11 21:56

Yup sudah setengah jalan, akhirnya semester 5 aku awali dengan senyuman yang merekah. Semoga semangat ini tetap berkobar sampai akhir.

Kuliah pertama adalah kuliah topik khusus tentang manajemen bisnis. Ini adalah mata kuliah pilihan yang aku yakin aku ada minat di dalamnya. Dalam pertemuan pertama diisi perkenalan tentang manajemen bisnis. Manajemen bisnis ini tentunya sangat penting untuk mempertahankan suatu bisnis. dalam bisnis, harapannya adalah agar bisnis tersebut bisa “survive”. Kurva pertumbuhan bisnis tidak meruncing. Kurva yang baik adalah kurva yang naik benar-benar dari bawah naik ke atas dan kemudian stabil. Saat kurva mulai menurun, diperlukan improvisasi agar bisnis tetap bertahan.

Dalam kuliah manajemen bisnis ini akan membahas:kelembagaan bisnis,kelengkapan organisasi bisnis, rencana kerja dan anggaran, evaluasi kerja, RUPS dan pelaporan tahunan, perencanaan bisnis, prinsip GCG, pengembangan bisnis, dan lainnya.

Apa sih bisnis itu? Pengertian bisnis adalah perusahaan komersial yang beroperasi dengan menyediakan barang atau jasa untuk mnedapatkan keuntungan finansial ataupun nonfinansial. Dan manajemen bisnis sendiri mempunyai arti pengelolaan bisnis agar profit maksimal. Dalam suatu perusahaan dibutuhkan 3pilar kuat agar keuntungan mencapai maksimal, yakni: operation, finance, dan marketing.

Peran manusia dalam bisnis meliputi 4peranan, yakni sebagai owner, manajer, pekerja, dan bahkan konsumen.

Tujuan berbisnis, secara umum adalah:

1. Memperoleh keuntungan.

2. Mempertahankan kelangsungan perusahaan. Dalam hal ini, kestabilan perusahaan dapat dilihat setelah usianya mencapai 10 tahun. Perusahaan yang masih di bawah 10tahun biasanya masih belum stabil.

3. Pertumbuhan perusahaan (buka cabang, tambah karyawan, tambah kapasitas,dll)

4. Tanggung jawab sosial (CSR). Perusahaan yang sudah mempunyai CSR biasanya adalah perusahaan yang sudah stabil.

Komponen bisnis:

1. Manajemen (yang menjalankan bisnis, di belakang layar)

2. Kekuatan brand

3. Produk/service

4. Partner (yang membantu menjalankan bisnis)

5. Pelanggan

MENCIPTAKAN PERUSAHAAN TIDAK SULIT, YANG SULIT ADALAH MENJALANKANNYA.

Selasa 13sep11 21:56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar